Cara Cerdas Agar Tetap Positif

Hal pertama yang perlu kerjakan secara sadar dengan perkembangan pribadi seseorang adalah meningkatkan pandangan hidup tentang situasi yang sedang di hadapi

Selangkah demi selangkah - dan meskipun terkadang jatuh ke belakang - membangun pandangan yang lebih optimis.

Sikap yang dari waktu ke waktu akan menjadi semakin stabil sehingga tidak hanya melihat dunia dengan cara yang positif selama hari-hari yang baik.

Tetapi juga agar tetap positif dan konstruktif bahkan selama masa-masa sulit dan terus berupaya menuju sesuatu yang lebih baik.

Mudah mudahan Anda menemukan sesuatu yang bermanfaat di sini.

1. Temukan sudut pandang optimis dalam situasi negatif.

Salah satu cara paling sederhana tetapi paling efektif untuk membangun pandangan yang lebih positif adalah mengajukan pertanyaan yang lebih bermanfaat sesering mungkin.

Ketika  berada dalam situasi negatif - mungkin malas, membuat kesalahan, gagal atau tersandung dalam beberapa cara - Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti:

---->Apa satu hal yang positif atau baik tentang situasi            ini?
---->Apa satu peluang dalam situasi ini?

Seringkali perlu sedikit waktu untuk memproses pikiran dan perasaan yang muncul dalam situasi sebelum dapat melakukannya.

Mencoba memaksakan pemikiran optimis ketika Anda masih berada dalam kekacauan emosional atau sedikit terkejut biasanya tidak berhasil dengan baik.

2. Menumbuhkan dan hidup dalam lingkungan yang positif.

Dengan siapa Anda memilih untuk menghabiskan waktu Anda dan input yang Anda dapatkan dari tempat yang jauh seperti TV, internet dan majalah akan memiliki efek besar pada pandangan Anda.

Agar tetap positif, penting untuk memiliki pengaruh dalam hidup Anda yang mendukung dan mengangkat Anda alih-alih menyeret Anda ke bawah.

Jadi pertimbangkan baik-baik apa yang Anda pikirkan.

Misalnya, Anda dapat bertanya pada diri sendiri:
  --->  Berapa lama Anda menghabiskan waktu                             bersama  dengan  orang paling negatif ?
  --->  Apa  sumber informasi paling negatif yang saya              habiskan?
Pertimbangkan jawabannya.

  Kemudian pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mulai menghabiskan lebih sedikit waktu dengan salah satu dari orang-orang atau sumber informasi negatif minggu ini.

Dan bagaimana Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan salah satu sumber atau orang paling positif dalam hidup Anda.


3. Jangan biarkan ketakutan samar menahan Anda dari melakukan apa yang Anda inginkan.

Terkadang Anda mungkin ingin mengambil kesempatan dalam hidup. Mulailah kebiasaan baru yang terasa asing, bisnis Anda sendiri di samping atau ajak seseorang berkencan.

Perangkap umum ketika Anda ingin melakukan salah satu dari hal-hal itu adalah tersesat dalam ketakutan yang kabur dan tentang apa yang bisa terjadi jika Anda benar-benar mengambil tindakan.

Dan pikiran berjalan liar didorong oleh rasa takut dan itu menciptakan skenario mimpi buruk dan banyak keraguan diri.


Perlu di ketahui bahwa hal terburuk yang bisa terjadi secara realistis biasanya tidak seseram mimpi buruk yang bisa dihasilkan oleh pikiran yang dipenuhi rasa takut.

Menemukan kejelasan dan melawa rasa takut Anda dapat membantu Anda untuk menghindari banyak pikiran yang membuat penderitaan. Dan membantu Anda untuk pergi, melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan ambil kesempatan itu.


4. Tambahkan nilai dan kepositifan dalam kehidupan orang lain.

Apa yang Anda Berikan cenderung untuk kembali dari dunia dan orang-orang di dalamnya.

Bukan dari semua orang. Dan tidak setiap waktu.

Tetapi apa yang Anda Berikaan di sana sangat penting.

Apa yang Anda berikan kepada mereka dan bagaimana Anda memperlakukan mereka adalah apa yang akan Anda dapatkan kembali. Dan cara mereka memperlakukan orang lain dan cara Anda berpikir tentang mereka juga cenderung memiliki pengaruh besar pada cara Anda memperlakukan dan berpikir secara terbuka

Jadi beri nilai dan sebarkan positif dengan misalnya:


  •  Membantu
Ulurkan tangan saat bergerak. Beri teman tumpangan di mobil Anda. Jika ia membutuhkan informasi, bantu dengan memeriksanya di Google atau bertanya kepada teman Anda. Atau mulai blog atau podcast dan bagikan apa yang membantu Anda dalam hidup.


  •   Hanya mendengarkan. 
Terkadang orang tidak menginginkan bantuan langsung. Mereka hanya ingin seseorang berada di sana sepenuhnya dan mendengarkan ketika mereka curhat sebentar.
  • Meningkatkan mood.
 Tersenyum. Berikan pelukan saat yang tepat. Putar musik yang membangkitkan semangat saat bergaul dengan teman atau menyarankan film yang menginspirasi untuk malam film Anda. Atau dorong ketika seseorang mengalami hari yang buruk atau sedang mengalami masa-masa sulit.


5. Berolahraga secara teratur dan makan serta tidur nyenyak.

Ini tentu saja sangat jelas.

Dampak besar dari tidur kurang nyenyak atau olahraga yang kurang baik / tidak teratur dapat menimbulkan pikiran  pesimis dan memiliki banyak ketegangan di dalamnya.


Dan betapa mudahnya berpikir jernih dan optimis ketika perut saya tidak kosong.

Jadi Anda harus berhati-hati tentang kebiasaan dasar yang mungkin terdengar membosankan. Karena keduanya memiliki efek yang besar tergantung pada cara Anda mengelolanya.

6. Belajarlah untuk menerima kritik dengan cara yang sehat.

Salah satu ketakutan paling umum adalah ketakutan akan kritik. Itu dapat menahan orang untuk tidak melakukan apa yang mereka inginkan dalam hidup.

Karena ketika kritik negatif mengalir keluar dari mulut atau email atau pesan dari seseorang dan itu tentang Anda, Anda bisa terluka. Dan ditolak bisa menyengat sedikit.

Tetapi jika Anda ingin mengambil tindakan atas apa yang Anda inginkan, kritik tidak bisa dihindarkan. Jadi kuncinya adalah belajar menanganinya dengan cara yang lebih sehat.

Dengan melakukan itu, rasa takut Anda akan berkurang dan tidak akan terlalu sakit jika Anda dikritik.

Beberapa langkah ketika  mendapat kritik. Mungkin dapat membantu :

Langkah 1: Jangan langsung membalas.

Ketika Anda marah, kesal atau kesal maka saatnya untuk sedikit tenang sebelum Anda menjawab. Ambil setidaknya beberapa napas dalam-dalam atau sedikit waktu untuk memproses pesan sebelum Anda merespons.

Langkah 2: Benar-benar mendengarkan kritik.

Cobalah untuk tetap terbuka dan berkepala dingin dan cari tahu bagaimana pesan ini dapat membantu Anda.

Tanyakan kepada diri sendiri: Apakah ada satu hal yang dapat saya pelajari dari kritik ini? Adakah sesuatu di sini yang mungkin tidak ingin saya dengar tetapi dapat membantu saya?

Langkah 3: Ingatlah bahwa kritik tidak selalu tentang Anda.

Beberapa kritik sangat membantu. Beberapa hanya serangan atau seseorang memukul karena mereka mengalami hari yang buruk,  atau sedang ada masalah pekerjaan.

Untuk mengurangi sengatan kritik semacam itu - seringkali sangat marah atau terlalu kritis dengan cara yang tidak konstruktif - saya mencoba memahami. Saya berpikir pada diri sendiri bahwa orang ini mungkin tidak merasa begitu baik saat ini.

7. Mulailah hari Anda dengan cara yang positif.

Bagaimana Anda memulai hari Anda biasanya mengatur nada untuk sisa hari Anda.

Jadi berhati-hatilah dengan bagaimana Anda menghabiskan pagi hari.

Jika Anda bergerak dengan tergesa gesa, tersesat dalam masalah di masa depan dalam benak Anda, maka stres, kehilangan daya yang dirasakan atas hidup Anda, dan pikiran negatif akan meningkat dengan cepat.

Jika Anda sebaliknya memulai hari Anda dengan santai, dengan melakukan percakapan yang  positif dengan keluarga atau teman Anda atau Anda menghabiskan waktu dengan membaca artikel atau mendengarkan podcast yang menginspirasi dan bermanfaat saat sarapan atau selama perjalanan dengan bus untuk bekerja maka dapat membuat perbedaan besar untuk bagaimana hari Anda akan berjalan.

8. Jalani hari Anda dengan sadar.

Ketika Anda menghabiskan waktu Anda di saat ini maka menjadi lebih mudah untuk mengakses emosi positif dan tetap praktis tentang apa yang sebenarnya dapat Anda lakukan tentang sesuatu dalam hidup Anda.



Ketika Anda tersesat di masa lalu atau masa depan seperti begitu banyak dari kita telah menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya maka kekhawatiran dengan mudah menjadi lebih besar. Dan kegagalan dan kesalahan dari masa lalu yang diulang-ulang dalam pikiran Anda menyeret Anda ke dalam pesimisme.

Semoga Anda melalui sebagian besar sisa hari Anda menjadi lebih mudah untuk tetap sadar saat Anda berada di situasi apapun.

Cara sederhana lain untuk terhubung kembali dengan momen di mana Anda berada dan untuk menaruh perhatian penuh di sana lagi adalah dengan berfokus hanya pada apa yang terjadi di sekitar Anda sekarang selama satu atau dua menit dengan semua indra Anda. Lihat itu. Dengar itu. Cium itu. Rasakan sinar matahari, hujan atau angin dingin di kulit Anda.

Mungkin terdengar seperti hal kecil dan tidak penting untuk dilakukan. Tetapi penyambungan kembali yang menyederhanakan dengan momen ini dapat memiliki efek yang sangat positif pada sisa hari Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama